Monday, June 6, 2016

Cara membudidayakan tanaman sikas

Siapa yang tidak tahu tanaman sikas yang mempesona? Tanaman yang bandel ini merupakan jenis tanaman jurasik yang berumur kurang lebih 240 juta tahun. Pada dahulu kala, pohon sikas merupakan makanan dinosaurus jenis herbifora. Tak aneh memang dengan kebandelannya ini, pohon sikas dapat hidup hingga sekarang di daerah tropis maupun sub tropis.

Pohon Sikas
Meskipun bandel, sikas yang biasa disebut pakis haji ini perlu teknik khusus agar bisa dibudidayakan. Fem palm (orang amerika menyebutnya) merupakan tanaman dengan dua kelamin yakni jantan dan betina. Jika dialam aslinya proses penyerbukan dilakukan oleh serangga, sekarang ini nampaknya semakin sulit untuk mengandalkan serangga saja karena ekosistem rusak. Disinilah peran tangan manusia diperlukan untuk budidaya.

Berikut ini cara merawat Sikas yang baik dan benar.

1. Penyiraman

Walaupun pada umumnya tanaman sikas tidak suka terlalu banyak air, Anda juga perlu teratur untuk menyiram. Paling tidak pagi dan sore, namun jangan terlalu over air lihatlah sikas jenis apa yang ditanam. Hal ini dikarenakan kebanyakan tanaman ini berasal dari daerah yang memiliki curah hujan rendah, kecuali yang berasal dari hutan hujan Amerika Tengah.

2. Media Tanam yang Pas

Sediakan media tanam yang dalam untuk tumbuh kembang akar sikas. Akar yang baik akan menunjang pertumbuhan sikas karena dapat digunakan untuk menyimpan makanan sehingga sering kita temui akar yang membesar pada pohon ini.

3. Pemupupukan

Meskipun sikas dapat tumbuh pada lingkungan dengan cadangan hara yang minim, namun alangkah baiknya Anda tetap memberikan pupuk kandang yang teratur. Hal ini akan membantu sikas tumbuh dengan baik dan sehat.

4. Pencahayaan

Sikas sangat menyukai sinar matahari secara langsung. Maka dari itu, letakkanlah pohon ini pada tempat yang memiliki intensitas caha yang tinggi. Hal ini dilakukan untuk selalu menjaga kesehatan daun sikas.

Beberapa cara diatas dilakukan untuk mendapatkan pohon sikas yang baik. Dari pohon sikas yang telah tumbuh. 

Bagi Anda yang ingin membudidayakan pohon pakis haki ini dengan cara pembibitan dapat dilakukan dengan cara. 
  1. Dapatkan induk yang berkualitas yang akan kita jadikan pembibitan.
  2. Jika tanaman induk tersebut telah memiliki anakan atau tunas, maka cari anakan yang memiliki batang serta daun yang lebat,usahakan memiliki diameter batang 4 cm, lalu bisa anda pisahkan anakan tersebut dengan akarnya.
  3. Bibit dari tunas tersebut dapat Anda tanam dalam pot dengan media tanaman berupa arang campuran sekam bakar.
  4. lakukan penyiraman 2 kali sehari setiap pagi dan sore.
  5. Tempatkan pada area yang teduh serta memiliki kelancaran sirkulasi udaranya yang baik.
Demikian tadi cara-cara untuk merawat dan pembibitan pohon sikas yang sangat menarik dan bandel tersebut. Selamat mencoba dan goodluck ya guys.

Cara membudidayakan tanaman sikas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: masimamcom

0 komentar:

Post a Comment